Senin, 05 Mei 2014

Ramahnya Indonesiaku



Indonesia telah dikenal luas di mata dunia dengan budaya yang menjunjung tinggi keramahan dan sopan santun. Keramahan dan sopan santun orang Indonesia telah menjadi suatu berkah bagi bangsa Indonesia itu sendiri dimana dengan keadaan alam yang indah, menjadikan Indonesia sebagai tempat tujuan wisata turis mancanegara yang otomatis menjadikan mereka saksi akan budaya keramahan dan sopan santun masyarakatIndonesia.

Nilai budaya dan karakteristik masyarakat Indonesia yang sangat menjunjung tinggi persaudaraan, saling menghormati, dan menghargai orang lainnya sangatlah kental. Sebagai contohnya banyak yang berbasa-basi atau memaksakan diri untuk menegur dan bercengkrama hanya untuk menanyakan kabar pribadi dan keluarga masing-masing, kemudian baru dilanjutkan dengan membicarakan suatu kejadian, masalah ataupun topik pembicaraan yang menarik perhatian sehingga akhirnya menyatu didalam komunikasi yang hangat dan bersahabat.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir budaya keramahan dan sopan santun di Indonesia mengalami penurunan. Hal ini dapat dilihat oleh generasi muda atau remaja yang cenderung kehilangan etika dan sopan santun terhadap terhadap teman sebaya, guru, orang yang lebih tua atau bahkan terhadap orang tua. Hal tersebut di akibatkan dari berbagai faktor seperti dari efek negatif dari media elektronik, televisi, dan jaringan internet karena dari berbagai tontonan yang dapat disaksikan menyajikan unsur-unsur kekerasan, baik kekerasan fisik maupun kekerasan dalam bentuk perkataan yang melecehkan. Tentunya ini berpengaruh terhadap penonton terutama pada kalangan remaja. Berbagai kejadian buruk sering kita ketahui bahwa remaja sering melakukan tawuran, membuat keributan, pelecehan seksual, dan pengerusakan. Hal tersebut merupakan dampak dan indikasi dari budaya sopan santun yang mulai luntur dalam lingkungan masyarakat Indonesia.

Selain itu masuknya budaya barat juga semakin menyulitkan kita dalam memepertahankan budaya sopan santun pada beberapa tempat umum dan juga pada gaya pergaulan remaja masa kini, misalnya saja dalam berpakaian diluar negeri atau dunia barat orang yang berpakaian bikini disekitar pantai adalah sesuatu yang wajar dan tidak melanggar kesopanan dimuka umum, tetapi bagi kita berpakaian seperti itu sangat tidak sopan karena dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma kesopanan. Selain itu sopan santu dalam pergaulan jika dibudaya barat bertemu teman berawanan jenis  boleh mencium bibir, tetapi hal tersebut di Indonesia hal tersebut sangat melanggar norma kesopanan dan kesusilaan. Oleh karena sebagian budaya barat memprlihatkan hal-hal yang negatif maka perlulah kita sebagai warga Negara Indonesia yang menjujung kesopan santunan maka kita perlu selektif dalam menyaring budaya luar yang masuk ke Indonesia.

Oleh karena budaya sopan santun sangatlah penting, marilah kita mulai dari sekarang untuk membudayakan sopan dalam lingkungan yang terkecil dahulu seperti lingkungan keluarga, lalu berlanjut kelingkungan diatasnya seperti sekolah, dan masyarakat. Karena jika masyarakat Indonesia mulai menganut budaya barat, perubahan akan semakin cepat dan budaya sopan santun akan terhapus jika masyarakat Indonesia tidak mampu mempertahankan kebudayaanya.

0 komentar:

Posting Komentar