Kamis, 08 Mei 2014

My Values

MY VALUES
(Nilai yang paling berpengaruh dalam diri saya)

 

Nilai dalam diri adalah sesuatu yang  mempengaruhi tingkah laku kita dalam kehidupan sehari – hari. Sejauh ini saya menemukan banyak nilai – nilai yang ada di masyarakat. Dari beberapa nilai – nilai tersebut akhirnya saya menemukan dua nilai yang paling berpengaruhi terhadap saya selama ini.

Nilai pertama yang saya miliki adalah rasa kasih sayang dari orang tua yang selama ini telah menemani saya dari saya kecil hingga seakarang. hidup di dekat mereka membuat saya begitu merasakan kasih sayang yang amat besar. mungkin itu karna saya anak bungsu mereka dan bagi orang lampung, anak laki laki adalah prioritas. dan itu yang menyebabkan saya selalu di prioritaskan oleh kedua orang tua saya. tapi saat saya tinggal terpisah dengan mereka demi pendidikan yang menjadi harapan orang tua saya kepada saya, saya merasa seperti ada yang hilang dari diri saya. tapi saya harus menjalani hidup ini, saya tidak boleh selalu dalam pelukan mereka. dan sekarang saya akan mulai memasuki dunia yang tidak selembut kasih mereka selama ini. dan saya yakin, rasa kasih sayang dari merekalah yang menjadi nilai yang sangat berpengaruh dalam diri saya.

Nilai kedua yang saya miliki adalah sikap kita terhadap masyarakat dan lingkungan disekitar kita.. bagaimana kita dapat berbaur dengan lingkungan kita. karna lingkungan kita sangatlah berpengaruh terhadap kita. jika lingkungan kita positif maka kita akan positif, begitupun sebaliknya. dan selama ini saya pernah hidup dilingkungan positif dan negatif. saat saya hidup di lingkungan yang positif, saya merasakan tiap waktu yang saya lalui itu selalu bermanfaat terhadap saya maupun sekitar saya. dan saat saya hidup di lingkungan yang negatif, saya merasa hidup saya ini sia-sia, seperti tidak ada tujuan, dan tidak berguna untuk sekitar saya. dan saya yakin sikap kita terhadap lingkungan sekitar akan berbalik ke kita. jika positif maka akan positif dan apabila negatif maka akan negatif pula diri kita.

Hal – hal diatas merupakan penjelasan mengenai nilai – nilai yang paling mempengaruhi diri saya selama ini. Berbagai nilai tersebut merupakan latar belakang saya dalam melakukan sesuatu. Saya sadar bahwa seseorang perlu memiliki prinsip dalam hidup untuk menuntunnya menjalani kehidupan bermasyarakat. Prinsip tersebut dibentuk melalui nilai – nilai yang saya dapatkan melalui pengalaman saya selama ini. Dan tadi adalah nilai dari diri saya yang sangat berpengaruh dalam kehidupan saya.
Sekian ^_^

0 komentar:

Posting Komentar